Undip

Mahasiswa Universitas Diponegoro, Berhasil Membawa Medali Emas Dalam Kompetisi Malaysian Invention And Inovasi.

Total
0
Shares

Pada 16-18 Mei 2024, Malaysian Invention and Design Society (MINDS) mengadakan kompetisi inovasi yang diikuti oleh 700 inovasi dari 15 negara, termasuk Indonesia. Dalam kompetisi ini, tim mahasiswa dari Universitas Diponegoro (Undip), yang bernama U-Brane, berhasil membawa pulang medali emas dalam kategori inovasi sub-tema environment dan meraih penghargaan sebagai Best Young Inventor Tertiary Level.

Tim U-Brane dan Inovasi Filtrasi Limbah

Tim U-Brane terdiri dari mahasiswa Teknik Kimia angkatan 2021. Mereka berangkat ke Malaysia berkat dukungan sponsor dari PT Pertamina dan bantuan dana dari Universitas Diponegoro. Inovasi yang dibawakan oleh tim ini adalah teknologi filtrasi untuk menyaring limbah, yang bertujuan untuk membuat air limbah menjadi lebih bersih dan mencegah kontaminasi lingkungan.

Perjalanan inovasi ini tidak mudah. Selama setahun, tim melakukan riset selama enam bulan dan melanjutkan dengan eksperimen teknologi filter selama enam bulan berikutnya. Mereka menghadapi berbagai kendala, seperti memperpanjang umur membran, mencegah sobeknya membran, dan mendapatkan hasil filtrasi yang optimal.

Perjalanan Menuju Kompetisi

Sebelum berangkat ke Malaysia, tim U-Brane mendaftar melalui Indonesian Innovation and Invention Promotion Association (INNOPA), yang kemudian mendaftarkan mereka ke World Young Inventors Exhibition (WYIE). Hanya enam orang dari tim yang bisa berangkat bersama teknologi inovasi mereka dari Semarang ke Jakarta, dan kemudian ke Malaysia. Mereka juga membawa perlengkapan seperti taplak desain meja untuk stand pameran dan 300 brosur.

Dukungan dari kampus berupa dana delegasi dan surat validasi alat inovasi sangat membantu perjalanan mereka. Surat ini menyatakan bahwa alat yang mereka bawa benar-benar untuk berkompetisi.

Pengalaman Berharga

Bagi Mutiara Tabitha Kamal, salah satu anggota tim, pengalaman berkompetisi di luar negeri adalah yang pertama kalinya dan sangat berharga. Keberhasilan ini mengajarkan mereka pentingnya percaya diri dan pemahaman mendalam tentang inovasi mereka. “Untuk membawakan inovasi ini, kita harus percaya diri dan paham. Bagaimana orang akan melihat inovasi kita bagus, kalau kita sendiri saja tidak percaya diri dengan inovasi yang sudah kita bawa dari Indonesia,” ujarnya.

Tips Mengikuti Kompetisi Internasional

Mutiara memberikan beberapa tips bagi mahasiswa yang ingin mengikuti kompetisi serupa:

  1. Percaya Diri: Keyakinan pada diri sendiri dan tim sangat penting.
  2. Kerja Sama Tim: Pastikan tim saling melengkapi. Misalnya, jika presentasi tidak bagus, pastikan ada anggota yang pandai presentasi.
  3. Persiapan yang Matang: Lakukan riset mendalam dan persiapan teknis sebelum berkompetisi.
  4. Cari Sponsor: Mencari dukungan finansial dan logistik bisa sangat membantu.

Keberhasilan tim U-Brane dalam kompetisi ini menjadi bukti bahwa inovasi dan kerja keras dapat membawa hasil yang gemilang, bahkan di tingkat internasional.

Sumber : https://www.detik.com/edu/edutainment/d-7368980/bersaing-15-negara-begini-perjuangan-tim-undip-di-kompetisi-inovasi-internasional

 

Leave a Reply
You May Also Like