Jejak Eksplorasi - Dok. Pribadi

Jejak Eksplorasi: Memahami Proses Kreatif Dibalik Setiap Karya

Total
0
Shares

Pameran seni seringkali menjadi panggung bagi para seniman untuk menyampaikan gagasan, emosi, dan ekspresi mereka kepada dunia. Namun, di balik setiap lukisan, patung, atau karya seni lainnya, tersimpan jejak panjang dari proses kreatif yang menuntun para seniman menuju penciptaan. Pada 16-17 Mei 2024, Mahasiswa Seni Rupa Universitas Negeri Malang (UM) menggelar sebuah pameran yang mengusung tema “Jejak Eksplorasi” di Malang Creative Center (MCC). 

Makna Dibalik Tema Jejak Eksplorasi

Dhimas Bagas Adhirani, salah satu seniman peserta pameran, mengatakan bahwa tema “Jejak Eksplorasi” dipilih karena menggambarkan proses kreatif para seniman dalam menciptakan karya mereka. Menurut Dhimas, tema ini menjadi benang merah yang menyatukan semua seniman yang terlibat, mencakup eksplorasi ide, media, teknik, dan tema dalam proses penciptaan karya mereka.

Latar Belakang dan Pendekatan Berbeda Dalam Berkarya

Pameran “Jejak Eksplorasi” ini diikuti oleh lima mahasiswa jurusan Seni Rupa UMM, yaitu juga Dhimas Bagas Adhirani, Ahmad Syai’in, Brenda Lydia Ade V, dan Moh. Faisol Fahmi. Pameran ini menunjukkan keragaman pendekatan dari para seniman yang terlibat.

Misalnya Ahmad Syai’in yang merasa gelisah dengan minimnya visualisasi cerita rakyat, menciptakan ilustrasi yang menghidupkan kembali kisah asal usul Gunung Kelud. Brenda Lydia Ade V mengangkat isu kesetaraan gender melalui patung-patung yang menggambarkan beban sosial terkait stereotip gender, seperti karya “Beksan Abipura”.

Dhimas, di sisi lain, tertarik pada bentuk ikan asin dan menghias karyanya dengan ragam hias nusantara. Karya-karyanya yang berjudul “Wak Asin”, “Mamudar”, dan “Moksa” menggambarkan ikan asin sebagai simbol kemakmuran yang mulai terlupakan akibat globalisasi.

Sementara itu, Faisol Fahmi bereksperimen dengan media baru untuk melukis, menggunakan kulit kayu pohon pinus yang sudah mati sebagai kanvas. Ia melukis tokoh-tokoh bersejarah Indonesia seperti Soekarno hingga Jokowi.

Mengajak Pengunjung Memahami Proses Kreatif Dibalik Karya

Pameran ini tidak hanya menampilkan karya seni, tetapi juga mengajak pengunjung untuk memahami proses kreatif di balik setiap karya. Setiap goresan dan sentuhan dalam karya-karya ini adalah hasil dari perjalanan eksplorasi yang mendalam oleh para seniman. Melalui pameran ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru tentang seni, kreativitas, dan proses penciptaan karya kepada para pengunjung. Dengan demikian, seni tidak hanya menjadi hiburan visual, tetapi juga cerminan dari eksplorasi jiwa dan peradaban manusia.

2 comments
  1. Hi there,

    We run a Youtube growth service, where we can increase your subscriber count safely and practically.

    – Guaranteed: We guarantee to gain you 700-1500 new subscribers each month.
    – Real, human subscribers who subscribe because they are interested in your channel/videos.
    – Safe: All actions are done, without using any automated tasks / bots.

    Our price is just $60 (USD) per month and we can start immediately.

    If you are interested then we can discuss further.

    Kind Regards,
    Emily

    Unsubscribe: https://removeme.click/yt/unsubscribe.php?d=mahasiswamalang.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like